Tips Center

Industrial Printer dan Barcode Scanner: Meningkatkan Kinerja Operasional

Banyaknya aset dan produk yang dimiliki perusahaan adalah bagian utama dari bisnis yang dijalankan. Lokasi aset, banyaknya stok di inventori, serta keluarnya aset tersebut karena transaksi harus dapat di identifikasi dengan baik. Kegiatan tersebut akan lebih dimudahkan dengan bantuan industrial printer dan barcode scanner sebagai sarana utama untuk membantu perusahaan untuk mengidentifikasi kegiatan operasional, inventori, dan supply chain.

Printer industrial adalah printer heavy duty yang berjenis printer thermal. Proses pencetakan dari printer thermal ini dengan menggunakan gulungan kertas. Dimana proses bekerjanya dengan mengambil gulungan kertas tersebut kemudian berubah menjadi gelap saat dipanaskan dengan pemanas elektronik yang sudah dirancang dengan teknologi tinggi. Berbeda dengan printer inkjet, printer thermal tidak membutuhkan tinta toner, maka biaya untuk perawatan akan lebih rendah namun tetap dapat bekerja dengan maksimal. Dan kegunaan pada perusahaan adalah untuk mencetak barcode (kode batang) untuk mempermudah pencatatan inventaris. Contoh printer industrial yang sering digunakan pada perusahaan:


1. Honeywell PC42t Desktop Barcode Printer

Honeywell PC42t

Printer dari merk industrial dan perkakas ternama Amerika, yaitu Honeywell sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Printer PC42t adalah tipe desktop printer berukuran ringkas yang biasanya digunakan untuk inventaris, mesin kasir atau mesin nomor antrian. Printer ringkas ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur cetak seperti barcode, 1D, 2D, dan sudah memiliki teknologi pintar untuk membaca file dari ethernet, maupun usb drive.

2. Zebra ZT230 Industrial Printer

Printer ini adalah salah satu printer industrial terbaik yang menjadi market leader di seluruh dunia. Dengan pilihan jenis thermal transfer dan direct thermal, ZT230 ini adalah heavy duty industrial printer yang dapat mencetak kertas dengan kecepatan 6”/152mm per detik, dan didesain untuk daya tahan lama agar dapat meminimalkan servis. ZT230 adalah printer yang cocok digunakan pada pusat distribusi, pengiriman, warehouse management, Inventory Management Systemdan sebagainya.

Berikutnya Daruma akan menjelaskan tentang Barcode Scanner. Scanner ini digunakan untuk membaca kode 1D ataupun 2D. Kode 1D yang dikenal dengan sebutan barcode, biasanya terletak pada packaging barang yang berbentuk garis vertikal dengan angka, dan kode 2D yang banyak dikenal adalah QR Code atau kode dot matrix. Beberapa keuntungan menggunakan barcode yaitu:

- Proses input data lebih cepat dan tepat.

- Identifikasi data lebih akurat.

- Mengurangi biaya kerugian akibat kesalahan pencatatan.

- Peningkatan kinerja operasional

- Memiliki nilai perusahaan yang lebih tinggi

 Maka beberapa contoh barcode scanner berdasarkan tipenya yaitu:

1. Honeywell 1250g General Duty Scanner 

Dari tipe general duty, maka pilihan terbaik jatuh pada Honeywell 1250g. Scanner tersebut dapat membaca barcode dari jarak 17 inch (40cm) dari objek. Dengan design yang ergonomis, Honeywell 1250g juga mempunyai laser yang sensitif, dari kemampuan sensitifitasnya itu maka Honeywell 1250g adalah yang terbaik di kelasnya.



2. Datalogic QuickScan QD2400

Brand yang berasal dari Italia ini dinilai sangat profesional pada industri barcode dunia. Datalogic secara khusus menciptakan QuickScan QD2400 sebagai sarana penunjang kebutuhan retail dan gudang distribusi dengan teknologi tinggi namun dengan harga yang sangat terjangkau. Desain yang elegant, ringkas, serta kemampuan membaca kode tingkat tinggi akan terasa lengkap dengan harga yang baik, namun tetap menjaga kualitas dan daya tahan dari Quickscan QD2400 itu sendiri.

 

3. Honeywell Genesis 7580g

Barcode Scanner Desktop pertama di dunia yang dapat membaca area-imaging ini sudah dipercaya diberbagai negara. Memang tidak banyak scanner barcode yang mempunyai teknologi tinggi seperti Genesis 7580. Tidak hanya kode 1D, 2D, dan pdf file di komputer, Genesis 7580 juga dapat membaca kode dinamik yang berasal dari layar ponsel. Untuk sistem operasi dan kabel pun sudah otomatis terdeteksi sistem, memudahkan anda dalam memeriksa inventori dan meningkatkan kinerja operasional.

Itulah beberapa pilihan industrial printer dan barcode scanner yang sudah digunakan di perusahaan-perusahaan terkemuka di Indonesia bahkan Dunia, maka pilihlah industrial printer dan barcode scanner yang pas untuk perusahaan Anda, atau untuk meningkatkan kelancaran bisnis Anda.