Tips Center

Menghindari Cedera dari Aktivitas Pengelasan

Welding Activity
Source : knoxmakers.org

Kegiatan pengelasan tidak boleh dianggap remeh walaupun Anda sudah terbiasa dan berhati hati dalam melakukan kegiatan ini. Kami tetap menganjurkan agar Anda, terutama yang masih baru dalam industri ini untuk menggunakan peralatan safety yang sudah sesuai standard saat melakukan pengelasan.

Masalah utama yang sering ditemui dalam proses pengelasan adalah cidera atau iritasi mata. Pada umumnya cidera atau iritasi pada mata disebabkan oleh kontak langsung dengan sinar radiasi matahari yang kuat. Dalam kasus proses pengelasan, cidera pada mata dapat disebabkan oleh cahaya dengan tingkat keterangan yang tinggi yang dihasilkan selama proses pengelasan berjalan.

Selain cidera pada mata, aktivitas pengelasan juga sangat rentan dengan masalah lainnya seperti: sengatan listrik, asap beracun dari proses pengelasan, bahkan sampai luka bakar pada kulit Anda.

Maka dari itu untuk menghindari hal-hal tersebut, kami mengumpulkan beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum Anda melakukan kegiatan pengelasan.


 1. Welding Glasses & Welding Helmet (Kaca mata Las & Helm Las)

     Welding Glasses
     

  • Welding Helmet yang sesuai dengan standard operasional pekerjaan dapat membantu Anda menghindari cidera mata akibat percikan api, partikel-partikel yang berterbangan, dan radiasi sinar dari las.
  • Kacamata Pengaman dengan proteksi pada setiap sisi. Pastikan bahwa kacamata yang Anda gunakan adalah kaca mata yang memiliki perisai pada setiap sisi agar dapat melindung mata-Mu sepenuhnya dari cahaya radiasi dan partikel-partikel kecil yang berterbangan saat proses pengelasan.

    [PENTING] TIPS: Jangan pernah menggunakan lensa kontak (Contact Lens) saat Anda melakukan proses pengelasan. Hal ini dikarenakan lensa kontak tidak dibuat untuk dapat menahan suhu panas yang dihasilkan selama Anda melakukan proses pengelasan.

 2. Respiratory (Alat Bantu Pernafasan)

     Respiratory

  • Perlindungan pernapasan. Perlindungan ini diperlukan terutama apabila ruang pengelasan tidak memiliki ventilasi yang cukup sehingga menghambat sirkulasi udara yang menjadikan resiko terlalu banyak asap & oksida yang dapat menyebabkan kekurangan oksigen.

 3. Gloves (Sarung Tangan)

  Gloves

  • Sarung tangan yang cocok untuk kegiatan pengelasan yaitu yang berbahan kulit (Gauntlet-type cuff leather gloves), karena kulit merupakan isolator listrik yang baik dalam keadaan kering. Pastikan juga sarung tangan anda memiliki tambahan material pada pergelangan tangan hingga lengan siku bawah untuk perlindungan lebih.
  • Fitur lain yang dapat Anda perhatikan adalah desain yang dapat dibuka sehingga memungkinkan ventilasi dan proses pencopotan secara cepat.

 4. Welding Work Wear & Hearing Protection (Pakaian Pengelasan & Pelindung Telinga)

  Work Hear & Hearing Protection
      Source : amazon.com

  • Untuk melindungi tubuh dari proses pengelasan, kenakan pakaian yang berbahan tenunan, wol / kapas untuk melindungi kulit dari sinar radiasi UV, logam panas, percikan api dan lain sebagainya.
  • Untuk penggunaan yang maksimal, jaga agar pakaian terbebas dari berbagai jenis minyak serta kontaminan lainnya yang mudah terbakar.
  • Alat tambahan lainnya yang dapat digunakan untuk perlindungan adalah celemek kulit untuk melindungi dada dan pangkuan dari percikan api saat berdiri atau duduk.
  • Tidak disarankan untuk menggunakan pakaian yang terbuat dari bahan sintetis / campuran sintetis. Hal ini dikarenakan kain sintetis mudah terbakar dan cepat meleleh sehingga dapat memberikan luka bakar pada kulit.
  • Pastikan Anda menggunakan Penyumbat Telinga selama Anda melakukan proses pengelasan untuk mengurangi resiko kerusakan pada telinga akibat suara bising yang dikeluarkan selama proses.

 5. Welding Shoes (Sepatu Pengelasan)

     Welding Shoes
      Source : weldinghelmetpros.com

  • Gunakan sepatu Boots tinggi untuk mencegah percikan api masuk kedalam area kaki dan melukai kulit. Untuk mencegah percikan api di bagian atas sepatu Boots, gunakan pelindung tahan api atau spats yang diikat di sekitar kaki celana dan atasan booting untuk mencegah percikan api terpental di bagian atas sepatu bot.

    TIPS: Tidak disarankan menggunakan ujung celana yang memiliki karet pengencang karena tidak dapat menutupi bagian atas dari sepatu bot.

Ingat bahwa keselamatan Anda adalah hal terpenting yang harus diperhatikan dalam proses Industri apapun. Hal ini dapat dimulai dengan pemahaman mengenai proses kerja yang ingin dilakukan dan kelengkapan apa saja yang perlu disiapkan.

Jadi, sebelum memulai kegiatan pengelasan, sudahkah Anda mempersiapkan peralatan diatas?

Oleh : Jesse Juliet